KURSUS AC INVERTER

AC inverter merupakan salah satu AC yang banyak diminati oleh masyarakat karena lebih hemat energi listrik. Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan AC inverter yang tidak dimiliki oleh jenis AC lainnya. Penghematan energi listrik tersebut diakibatkan oleh prinsip kerja yang berbeda dibandingkan AC split yang bertipe standar atau low watt. Prinsip kerja yang dimiliki oleh AC inverter adalah seperti diagram di bawah ini :

Pada gambar di atas tampak bahwa AC inverter menggunakan arus DC untuk mengatur kerja kompresor. Arus DC tersebut telah dimodulasikan oleh komponen yang disebut IPM (intelligent Power Modulation) atau PWM (power with modulation) sehingga menghasilkan tegangan 310V-330V DC yang memiliki frekuensi kerja antara 40hz – 150hz. Semua kinerja kompresor AC inverter dikendalikan oleh komponen IPM tampak seperti pada gambar dibawah ini :

Apa Yang Dipelajari Dalam Kursus AC Inverter ?

Untuk mampu memperbaiki permasalahan dalam AC Inverter maka ada beberapa hal yang harus dikuasai sebelum perbaikan masalah elektronik. Oleh karena itu, peserta yang mengikuti Kursus AC Inverter harus memiliki dasar pengetahuan AC split. Fokus materi pembelajaran Kursus AC inverter yang kami berikan meliputi :

  1. Sistem refrigerasi dan analisa suhu, tekanan & arus kerja
  2. Komponen dan Standar nilai pengukurannya
  3. Wiring diagram kelistrikan AC inverter
  4. Sistem kerja & manajemen kontrol AC Inverter
  5. Bedah Skematik diagram Indoor & Outdoor
  6. Bedah komponen blok PSU, driver kompresor, komunikasi, driver fan, dll
  7. Praktek tracking kode error & analisis permasalahan
  8. Teknik troubleshooting refrigerasi & kompresor
  9. Praktek perbaikan AC Inverter (studi kasus)
  10. Flow chart service AC inverter

Berikut ini adalah salah satu contoh tracking voltase pada jalur IPM dan kompresor. Bagaimana menentukan kinerja modul ac inverter untuk menggerakkan komponen komponennya dapat diketahui dari nilai standar tegangan dan polanya.

Bagaimana Cara kursus AC Inverter ?

Dalam mempelajari service AC inverter diperlukan pengetahuan dasar yang meliputi kemampuan service AC standar dan “sedikit” pemahaman mengenai elektronika dasar. Untuk memahami kemampuan dasar service AC maka anda bisa mengikuti kursus AC untuk pemula terlebih dahulu baru kemudian bisa mengikuti kursus service ac inverter. Setelah memahami service AC standar maka Anda perlu menambah keilmuan mengenai modul elektronik AC split.

Accalls training center memberikan metode kursus ac inverter dengan mengutamakan praktek (70%) dan teori (30%). Metode pembelajaran meliputi kemampuan refrigerasi, mekanis dan elektronis.

Berminat mempelajari cara service AC inverter ? Nah, langsung aja hubungi accalls training center yang berlokasi di jl delima raya no 139 pancoran mas depok 1 atau bisa langsung WA saja dan dapatkan banyak keuntungan. Jadilah teknisi AC inverter yang profesional melalui kursus di accalls training center.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top