Kursus AC Inverter 25 Jam Mahir

Accalls Training center – AC Inverter memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dengan AC split pada umumnya dalam hal kontrol elektronik dan penggunaan tegangan listrik penggerak motor. Untuk memahami cara service AC inverter, terlebih dahulu kita memahami beberapa point berikut:

  1. Cara kerja AC inverter
  2. Pengukuran komponen kelistrikan
  3. Wiring diagram kelistrikan AC inverter
  4. Skematik elektronik diagram Modul PCB indoor & outdoor
  5. Kode error & teknik troubleshooting

Bagi kita yang ingin belajar AC inverter sebaiknya sudah menguasai ac split terlebih dahulu. Kalau anda belum menguasai, accalls training center siap memberikan layanan kursus service AC untuk berbagai jenis AC antara lain:

  1. AC ruangan (split & Inverter)
  2. AC perkantoran (cassette, split duct, standing floor)
  3. AC gedung (VRV, chiller)
  4. AC Kapal laut

CARA KERJA AC INVERTER

AC Inverter menggunakan tegangan listrik DC Modulasi (seperti gambar skema dibawah) untuk menggerakkan motor kompresor. Tegangan DC modulasi dihasilkan oleh suatu komponen elektronik. Secara umum, cara kerja AC inverter adalah sebagai berikut :

  1. Motor kompresor digerakkan oleh tegangan listrik DC yang dimodulasi menjadi tegangan AC. Tegangan DC Modulasi tersebut dihasilkan oleh suatu komponen elektronik yang disebut IPM (intelligent Power Modulation) atau PWM ( pulse with modulation). Tegangan yang dihasilkan oleh IPM/PWM yang merupakan inverter switch untuk menggerakkan motor kompresor sebagai berikut :

Oleh karena itu, kompresor inverter menggunakan tegangan listrik 3 phase DC 310V. . Oleh karena itu, cara cek kompresor Inverter adalah sebagai berikut :

  1. Cek nilai resistansi coil antar kaki kelistrikan kompresor. Kompresor inverter memiliki nilai resistansi coil yang sama antar kaki kelistrikan : U-V = U-W = V-W berkisar 1,15 ohm sampai 3 ohm untuk semua merk AC (1/2 – 2 PK)
  2. Cek supply tegangan DC modulasi yang keluar dari IPM/PWM dengan menggunakan voltmeter dan phase checker sesuai urutan gambar di bawah ini.

2. Modul PCB Outdoor merupakan pengendali keseluruhan kerja unit AC. Modul PCB outdoor terdiri atas beberapa blok diagram seperti pada gambar di bawah ini :

Untuk memahami fungsi, cara kerja dan pengukuran komponen maka sebaiknya anda mengikuti kursus service ac inverter di workshop accalls Jl. Delima raya no 139 Pancoran Mas depok 1.

3. Motor fan outdoor merupakan komponen AC yang berfungsi menghisap kalor yang dilepas oleh kondensor. Motor fan outdoor ada yang menggunakan tenaga listrik AC maupun DC Modulasi.

4. Kondensor merupakan komponen yang berfungsi melepaskan kalor agar mampu mengubah wujud freon dari fase gas menjadi fase cair.

5. Electronic expansion valve (throttling device) berfungsi untuk menurunkan suhu dan tekanan freon yang akan dikirim ke unit indoor.

Sedangkan komponen indoor terdiri atas evaporator, motor fan indoor dan Modul PCB indoor. Modul PCB indoor secara umum mirip seperti modul pcb outdoor.

Untuk memahami lebih lanjut bagaimana cara service AC inverter maka anda bisa mengikuti kursus ac inverter sebagai berikut :

  1. Lama kursus 25 jam (5-6 hari)
  2. Harus sudah memahami AC split
  3. Lokasi kursus di workshop accalls training center depok
  4. Ada sertifikat lembaga dan BNSP*
  5. Ada penginapan gratis bagi peserta dari luar kota

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi accalls depok WA : 081317266950 / 08128845124. Telp (021)22910331.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?